Yuk, Kenal Lebih Dekat dengan Teknik Binding Jahit ala Mavis Yearbook

Tahap pembuatan yearbook tidak lepas dari proses produksi.

Yuk, Kenal Lebih Dekat dengan Teknik Binding Jahit ala Mavis Yearbook

Tahap pembuatan yearbook tidak lepas dari proses produksi. Di dalam proses produksi ada beberapa proses yang harus dilalui agar hasil akhirnya memuaskan. Diantara beberapa tahapan itu, ada tahapan binding. Secara umum ada 6 teknik binding, yaitu Saddle Stitching, Loop Stitching, Side Stitching/Sewn, Sewn Binding, Perfect Binding, dan Tape Binding. Kali ini Mavis akan menjelaskan salah satu teknik binding yaitu Binding Jahit / Sewn Binding. Banyak juga kan teknik binding pada yearbook. Adakah yang kalian ketahui ? Nah, kali ini Mavis akan menjelaskan lebih detail tentang salah satu teknik binding yaitu Binding Jahit atau Sewn Binding di Mavis.

Teknik Menjahit Benang

Teknik ini sangat berkaitan erat dengan buku hardcover karena tekniknya yang banyak digunakan dalam pembuatan buku hardcover. Jahit buku merupakan salah satu teknik penjilidan pada buku selain jilid kawat, spiral dan perfect binding (lem panas). Untuk jumlah halaman yang di jahit bisa berapa saja tapi biasanya dihitung berdasarkan jenis dan gramatur bahan, ada pula jumlahnya terdiri dari per8, per16, per24 dan per32 halaman. Maksudnya adalah semakin besar gramatur bahan maka semakin sedikit halaman yang di jahit, hal ini dikarenakan terkadang jika terlalu tebal, jahitannya jadi kurang bagus dan membuat buku terlihat kurang rapi setelah di lem panas.

Itulah penjelasan singkat tentang Binding Jahit atau Sewn Binding. Mavis sendiri juga menggunakan teknik tersebut agar halaman buku tidak mudah lepas. Hampir sama dengan menjahit pakaian, Binding Jahit juga menggunakan benang dan jarum. Tapi tipe benang dan jarumnya berbeda ya, khusus untuk menjahit kertas. Binding jahit memiliki keunggulan yakni lebih awet dan kuat karena setiap beberapa halaman dijahit menyesuaikan gramatur kertasnya. Proses produksi khususnya buku tahunan mempunyai ciri khas. Kertas yang dipakai berbeda-beda dengan gramatur yang berbeda pula. Karena itulah Mavis tidak hanya memakai 1 teknik saja tapi dua teknik sekaligus, teknik Binding Jahit dan Perfect Binding agar hasilnya lebih maksimal.

Tahapan pada proses Binding Jahit terbagi atas 3 tahapan utama yaitu pembagian lipatan, menjahit, dan menggabungkan jahitan. 

  1. Pembagian lipatan

Lembaran buku diurutkan sesuai urutannya. Lembaran yang telah diurutkan, diambil beberapa untuk dilipat menjadi setengahnya. Setelah itu, menggabungkan lipatan kertas menjadi beberapa kelompok sesuai urutan halamannya. Tentunya jumlah ditentukan oleh gramatur kertas yang dipakai. Ambil beberapa kelompok lipatan kertas, dan ketukkan seluruhnya terhadap permukaan halus yang keras hingga sejajar. Seluruh bagian kertas harus sejajar, termasuk punggung kertas. Seluruh kelompok lipatan kertas juga harus menghadap ke arah yang sama.

  1. Menjahit

Setiap kelompok kertas diambil dan dibuka sampai bisa melihat lipatan tengahnya. Menggunakan pembolong kertas untuk membuat lubang di sisinya, atau jarum sulam dengan ujung yang ditusukkan ke gabus sebagai pengganti pembolong kertas. Jumlah lubang disesuaikan dengan ukuran bukunya. Masukkan benang kedalam lubang jarum kemudian masukkan jarum dan benang melalui lubang dibagian sisi buku. Sisakan beberapa cm benang di luar sehingga Anda bisa mengikatkan simpul nantinya. Masukkan jarum melalui lubang bagian bawah, sehingga benang keluar dari buku. Tarik erat benang, masukkan kembali benang melalui lubang paling atas dari belakang. Kemudian ambil benang dan tarik melalui lubang bagian tengah. Kemudian ikatkan sisa benang di belakang untuk mempertahankan simpul, lalu potong helai benang yang tersisa.

  1. Menggabungkan jahitan

Setelah semua kelompok lipatan dijahit, kemudian menggabungkan beberapa kelompok lipatan sehingga menyatu. Dengan cara mensejajarkan dua kelompok lipatan, dan masukkan jarum dari luar lubang yang paling atas salah satu kumpulan kertas. Buat simpul dengan beberapa cm benang yang tersisa di ujungnya, agar benang tidak bergeser. Setelah itu tarik benang melalui lubang paling atas, masukkan benang dari dalam ke lubang bagian tengah. Kemudian tarik, lalu masukkan benang ke lubang ke dua dari kumpulan kertas berikutnya. Langkah tersebut diulangi beberapa kali untuk menyatukan kelompok-kelompok lipatan menjadi satu. Jika sudah selesai, ikat ujung benang dengan ujung benang pada simpul yang pertama, lalu potong helaian benang yang tersisa. 

Dan proses binding jahit telah selesai. Untuk proses selanjutnya adalah Perfect Binding dengan menggunakan lem panas. Penasaran apakah Perfect Binding dan gimana tahapannya ? Simak terus artikel Mavis berikutnya ya.