Rekomendasi Makanan untuk Anak Kos Agar Kuat Saat Jalani Puasa

Ramadan adalah hari bahagia bagi semua umat muslim diseluruh dunia. Karena hanya dapat ditemui 1 bulan sekali dalam 1 tahun.

Rekomendasi Makanan untuk Anak Kos Agar Kuat Saat Jalani Puasa

Ramadan adalah hari bahagia bagi semua umat muslim diseluruh dunia. Karena hanya dapat ditemui 1 bulan sekali dalam 1 tahun. Semua umat muslim menjalankan puasa, zakat, tadarus dan amalan lainnya. Seperti halnya dengan anak kos yang harus bersiap diri ketika bulan Ramadan tiba. Selain menjalankan ibadah puasa mereka juga bisa menghemat uang bulanan. Harus pintar-pintar ya mengelola uang saku agar saat puasa nggak boros di cemilan atau takjil. Karena biasanya stand-stand takjil bertebaran dimana-mana dan menggoda iman kalian untuk membelinya. Nah, buat kalian yang pengen ngirit banget saat bulan puasa, kami punya rekomendasi beberapa makanan sederhana namun tetap dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein dan lainnya. Agar kalian tetap kuat menjalankan ibadah puasa tanpa rasa kuatir akan menguras dompet.

  1. Semangkuk sayur sop

Meski sedang puasa, kalian juga tetap harus memenuhi kebutuhan sayuran bagi tubuh. Buat yang nggak suka sayur, tetap makan sayur ya. Karena dalam semangkuk sayur sop kamu sudah mendapatkan kandungan protein, karbohidrat dan vitamin yang cukup untuk berpuasa. Nah kalian nggak usah takut lagi akan lemas saat menjalani puasa dengan menu ini kalian tetap bisa bersemangat saat menjalani puasa. Dan buat kalian yang suka masak sendiri, biasanya ketika di pasar penjual sudah membungkus 1 paket bahan mentah untuk memasak sayur sop. Jadi nggak perlu bingung lagi mau beli sayur apa saja yang mau dijadikan sop.

  1. Nasi goreng

Banyak mitos yang mengatakan kalau makan nasi goreng bisa menjadikan tubuh menjadi lemas dan gampang ngantuk. Padahal nggak lho guys karena nasi goreng mengandung karbohidrat yang dapat menghasilkan energi bagi tubuh, jangan khawatir kamu tetap bisa menjadikan salah satu makanan favorit orang Indonesia ini sebagai makanan sahur atau berbuka. Kamu bisa menambahkan topping seperti telur goreng, suwiran ayam atau dengan sedikit potongan sayur sawi agar asupan gizi dan protein pada tubuh kalian tetap komplit dan lebih kuat menjalankan puasa.

  1. Kentang rebus dan susu

Buat kalian yang malas masak, menu satu ini pas banget buat anak kos. Menu kentang rebus dan susu adalah pilihan yang pas buat kalian. Karena mengandung banyak manfaat bagi tubuh seperti protein yang berasal dari kentang dan susu yang mengandung kalsium tinggi yang sangat bermanfaat bagi metabolisme tubuh. Nah meskipun menunya terbilang sederhana namun manfaat dan kandungan gizinya juga banyak. Jadi nggak perlu keluar uang banyak-banyak kan guys, karena sebenarnya sahur dan berbuka bukan banyaknya makanan yang dikonsumsi tapi kualitas dan kandungan makanannya.

  1. Mie instan

Bukan cuman kentang dan susu yang nggak kalah sederhana dan murah. Salah satu menu ini bisa jadi rekomendasi yang cocok dikantong anak kos. Ya betul banget, mie instan, pasti nggak asing lagi buat kalian yang lagi nge-kos. Bukan cuman hemat namun mie instan juga memiliki manfaat tersendiri yaitu kandungan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh ketika berpuasa. Tapi jangan konsumsi mie instan setiap hari ya guys, karena ada dampak serius jika setiap hari kalian mengonsumsinya.

  1. Kurma

Buat kalian yang berkegiatan banyak, kalian bisa menambahkan kurma pada menu sahur atau berbuka. Meski tidak terasa kenyang saat makan kurma namun buah kurma memberi nutrisi yang baik pada tubuh, seperti gula yang bermanfaat untuk menambah energi bagi tubuh, serta vitamin B kompleks yang dapat menjaga tubuh menjadi sehat. Buah kurma juga dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dikonsumsi karena manfaatnya yang sangat banyak bagi tubuh.

  1. Buah-buahan

Bukan hanya karbohidrat saja yang diperlukan tubuh saat berpuasa, tapi asupan vitamin juga sangat penting lho guys. Buat kalian yang punya berat badan berlebih, saat sahur kalian bisa makan buah-buahan saja. Memang jarang ya orang mengkonsumsi buah-buahan saat sahur. Tapi tidak ada salahnya sahur dengan buah-buahan ya. Buah mengandung gizi yang baik untuk tubuh. Buah dapat juga membantu kalian yang sedang punya program diet karena tidak mengandung lemak berlebih.