Pendampingan untuk Jurnalis Sekolah, Bikin Majalah Jadi Mudah!

Hai jurnalis muda dimanapun berada, tahukah kamu apa itu Mavis Publishing ? Mavis Publishing adalah salah satu layanan Mavis yang fokus pada produk majalah, sekolah ataupun instansi.

Pendampingan untuk Jurnalis Sekolah, Bikin Majalah Jadi Mudah!

Hai jurnalis muda dimanapun berada, tahukah kamu apa itu Mavis Publishing ? Mavis Publishing adalah salah satu layanan Mavis yang fokus pada produk majalah, sekolah ataupun instansi. Majalah memberikan warna tersendiri karena bisa menampilkan kegiatan, acara ataupun prestasi yang dimiliki. Rubrik yang interaktif dan menarik adalah tantangan bagi jurnalis muda untuk menyajikan informasi dan berita yang dapat dinikmati para pembaca. Karena itulah, Mavis Publishing hadir memberikan beberapa program-program untuk melengkapi layanan Kami yang diantaranya adalah pendampingan bagi jurnalis-jurnalis sekolah agar lebih mudah membuat majalah sekolah. Tidak terbatas hanya pada edukasi tentang materi tapi juga sharing tentang kesulitan-kesulitan umum yang sering dihadapi. Kendala teknis tentang penulisan materi ataupun non-teknis dapat disampaikan saat sesi pendampingan. Dari situlah Mavis Publishing berkomitmen penuh mendampingi jurnalis muda agar lebih terampil dalam menyajikan majalah sekolah yang berkualitas.

Tim Mavis melakukan pendampingan mulai dari awal ditandatanganinya persetujuan kerjasama sampai dengan proses naik cetak desain majalah. Kami membuat jadwal meeting redaksi dengan tim majalah sekolah untuk membahas lebih lanjut materi apa saja yang akan dimasukkan dalam majalah serta deadline pengumpulannya. Dalam meeting redaksi inilah dibahas secara detail tentang konsep dan isi majalah yang akan diterbitkan. Membangun kepercayaan dan kesamaan persepsi adalah hal utama yang Tim Mavis bangun lebih dulu. Bila hal itu belum terbentuk dari awal maka akan sulit untuk koordinasi lebih lanjut. Dalam meeting ini didiskusikan rubrik-rubrik yang akan dimasukkan dalam majalah. Pemilihan rubrik sangat penting karena bila rubrik yang dimasukkan kurang menarik maka pembaca juga tidak tertarik untuk membaca majalah. Bahkan melihat sekilas saja sudah bosan karena rubrik yang dimasukkan hanya berisi berita atau artikel. Untuk itulah meeting redaksi bersama Tim Mavis akan menyelaraskan hal itu sekaligus bisa menjadi wadah sharing untuk tema majalah selanjutnya.

Pendampingan dari Tim Mavis tidak sebatas itu saja ya. Ada pula termasuk didalamnya ornamen ataupun komponen pendukung majalah, seperti desain cover, layout, ilustrasi dan sebagainya juga didiskusikan bersama. Hal ini dapat menjadi penghias isi majalah, karena apabila ornamen tidak menyatu dengan tema rubrik maka akan jadi rancu dan tidak enak dilihat. Banyaknya teks yang dimasukkan ke dalam artikel juga harus diperhatikan dan dipertimbangkan, karena artikel yang terlalu panjang akan mempengaruhi jumlah halaman. Misalnya, artikel tentang prestasi sekolah yang sudah ditentukan 2 halaman saja ternyata melebihi maka harus diedit lebih dulu agar sesuai dengan yang telah ditentukan. Layout majalah tidak kalah pentingnya lho, bahkan hanya karena layout yang kurang sesuai sangat berpengaruh besar terhadap isi majalah. Layout membuat majalah tersusun lebih rapi dan enak dilihat. Bayangkan saja bila majalah diberi layout yang acak-acakan maka pembaca juga males kan untuk membaca majalah. Jenis font juga jadi komponen penting ya, bila salah pilih bisa jadi teks nggak terbaca atau malah mengganggu. Majalah bukan sekedar formalitas tapi totalitas para jurnalis muda untuk menyajikan berita, momen/event, hasil karya, kuis atau rubrik lainnya agar diketahui oleh pembaca. Jadi nggak segampang itu ya jadi jurnalis muda. Ada kode etik, syarat dan ketentuan yang perlu dipahami benar-benar. Berita yang disampaikan adalah fakta, opini atau karangan belaka harus diteliti lebih dulu. Tidak hanya sekedar mencari berita tapi benar-benar mengetahui asal berita tersebut. Tim Mavis juga memberikan pendampingan tentang hal tersebut. Melalui workshop yang digelar secara intern bersama jurnalis muda. Karena memang dalam 1 proyek pengerjaan majalah, Tim Mavis memberikan fasilitas free workshop kepada kustomer. Kustomer juga bisa memilih tema workshop yang diinginkan, tentunya yang berkaitan dengan proyek pengerjaan majalah. Misalnya, teknik penulisan berita, desain atau layout majalah dan sebagainya. Mavis Publishing tidak hanya mengerjakan majalah tapi juga memberikan fasilitas edukasi seputar majalah. Jadi, bikin majalah ya di Mavis aja ya :)