Macam-macam Kreasi Cover Majalah Ala Mavis

Hal pertama yang kita lihat saat membeli buku, novel atau majalah pastilah sampulnya (cover). Cover yang menarik dan unik jadi daya tarik tersendiri untuk membeli atau sekedar untuk membacanya.

Macam-macam Kreasi Cover Majalah Ala Mavis

Hal pertama yang kita lihat saat membeli buku, novel atau majalah pastilah sampulnya (cover). Cover yang menarik dan unik jadi daya tarik tersendiri untuk membeli atau sekedar untuk membacanya. Faktor-faktor yang membuat cover menarik adalah desain, foto yang ditampilkan, atau model (bentuk) cover. Desain yang beragam dengan menggunakan berbagai macam jenis font belum tentu menarik ya, karena terlalu banyak elemen yang membuat orang jadi bingung untuk melihatnya. Pemilihan dan komposisi warna juga menjadi hal penting. Bila salah menerapkannya bisa jadi tidak menarik lagi untuk dilihat. Desain cover tentunya disesuaikan dengan tema buku, majalah atau novel. Bisa juga cover hanya menampilkan foto dengan kualitas baik sehingga setiap orang yang melihat akan takjub dengan foto yang dijadikan cover tersebut.

Mavis Publishing memiliki berbagai macam kreasi cover yang didesain khusus sesuai dengan permintaan kustomer dan konsep majalah. Perkembangan cover mulai dari memakai kertas HVS (berwarna) sampai dengan menggunakan kertas Art Paper yang lebih tebal agar kelihatan eksklusif dan tentunya tahan lama. Bahkan cover dapat ditambahkan efek laminasi glossy atau doff. Selain itu, Mavis Publishing juga memberikan layanan Spot UV untuk cover majalah. Spot UV adalah salah satu jenis lapisan yang menggunakan bahan utama cairan dan diolah khusus pada mesin sehingga menghasilkan efek yang sama seperti pelapis berbahan plastik. Jadi jika kita menyentuh bagian tertentu yang menggunakan Spot UV maka akan terasa licin (karena ada lapisannya).

Kami sedang mengembangkan berbagai model (bentuk) cover agar lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan kustomer. Adapun model atau bentuk cover yang dikembangkan oleh Mavis Publishing saat ini ada 4, yaitu :

  1. Double Cover

Majalah juga bisa lho punya double cover, yang memang jadi ciri khas majalah tersebut. Contohnya majalah B-NEWS dari SMA Negeri 3 Malang. Sampul pertama adalah sampul yang berisi judul edisi majalah tersebut dan sampul yang kedua menampilkan ilustrasi dari konsep yang dipakai pada edisinya. Hal ini menjadi unik karena ada 2 cover yang menjadi daya tarik majalah tersebut untuk dilihat dan dibaca.

  1. Laminasi

Ini nih salah satu efek yang bisa bikin cover majalah kelihatan eksklusif. Laminasi adalah proses pelapisan bahan tipis pada sisi kertas. Ada dua jenis laminasi yang umum digunakan pada percetakan, yaitu laminasi glossy dan doff. Laminasi doff menghasilkan cetakan yang tidak berkilau dan bertujuan untuk memberikan perlindungan pada hasil printing. Saat ini ada juga teknik laminasi terbaru yaitu Spot UV yang memberikan keunikan pada hasilnya. Contohnya saja majalah KIAS dari MTsN 3 Tulungagung.

  1. Bolak-balik

Majalah yang menggunakan fitur ini adalah majalah TEBAS dari SMA Negeri 7 Malang. Konsep cover yang unik tentunya guys. Karena pada majalah TEBAS cover belakang dibuat terbalik. Tidak hanya covernya saja tapi juga isinya. Dibuat seperti itu karena majalah TEBAS memiliki 2 edisi sekaligus dalam sekali terbit. Hal ini agar pembaca dapat membedakan mana edisi yang 1 dan edisi 2.

  1. Plong Cover

Model cover satu ini bisa jadi referensi ya buat kamu yang mau bikin majalah di Mavis. Plong cover adalah cover yang di plong sehingga berlubang. Contohnya adalah majalah SMABOYMAGZ dari SMA Negeri 1 Boyolangu. Cover yang didesain dengan konsep yang keren ditambah lagi memakai plong sehingga terlihat lebih unik lagi. Plong berfungsi memberikan efek pada cover sehingga tidak kelihatan monoton dan dapat menjadi hal yang menarik pembaca untuk melihatnya.

Buat kamu yang masih bingung mau milih model (bentuk) cover yang seperti apa, kamu bisa konsultasikan keinginan dan kebutuhan cetak majalahmu pada Mavis Publishing. Kualitas dan hasilnya nggak perlu diragukan lagi ya. Mau bikin majalah ya di Mavis aja guys!