Kamu Nggak Perlu Kaget Saat Masuk Kuliah

Sekolah adalah salah satu sarana untuk menuntut ilmu secara formal.

Kamu Nggak Perlu Kaget Saat Masuk Kuliah

Sekolah adalah salah satu sarana untuk menuntut ilmu secara formal. Tingkatan sekolah-pun bermacam-macam, mulai dari tingkat dasar atau SD/MI kemudian tingkat menengah yaitu SMP/MTs dan yang terakhir adalah SMA/MA/SMK. Pemerintah mewajibkan masyarakat untuk wajib belajar 9 tahun, yaitu SD dan SMP. Pendidikan adalah kebutuhan nomer satu, sehingga banyak masyarakat yang menyekolahkan anaknya sampai ke tingkat akhir bahkan sampai ke perguruan tinggi. Karena mereka meyakini bahwa dengan pendidikan, maka seseorang bisa mengubah keadaan keluarganya. Tetapi ada juga sebagian masyarakat yang hanya menyekolahkan anaknya sampai SMP, karena faktor ekonomi keluarga. Jadi nih, buat kalian yang bisa sekolah sampai tingkat akhir atau bahkan sampai ke perguruan tinggi bersyukurlah. Karena banyak orang diluar sana yang nggak bisa sekolah dan harus bantu orang tuanya untuk bekerja.

Kalau sekolah formal, kita pasti udah merasakan ya guys? Mulai dari SD-SMP bahkan SMA dan Kuliah. Nah, setiap jenjang pasti ada hal yang membedakan. Mungkin perbedaan dari tiap jenjang nggak sama. Mulai dari pelajarannya dari mudah ke susah, pemecahan masalah dari yang sederhana menjadi lebih rumit bahkan harus memakai nalar dan logika. Nah, buat sobat Mavis yang mau masuk ke jenjang perguruan tinggi kamu harus tahu nih hal apa yang perlu dipersiapkan untuk lanjut ke bangku perkuliahan. Kalau kamu berpikir bahwa kuliah adalah enak seperti di sinetron-sinetron mimin bilang nggak juga ya guys. Dan yang harus kamu ketahui banget, kuliah itu sangat-sangat berbeda dari sekolah-sekolah kita sebelumnya. Jadi kalian beruntung nih yang baca artikel ini, karena kamu bisa mempersiapkan segala sesuatunya mulai sekarang. 

Jadi apa sih yang membuat bangku perkuliahan itu beda banget? Menurut mimin, yang pertama dari penjurusan. Kalau di sekolah kita yang dulu, jurusan mungkin cuma ada beberapa aja apalagi kalau anak SMA yang ada cuma IPA atau IPS. Nah, kalau di SMK memang lebih bermacam-macam tetapi jangan kaget dulu. Ternyata di bangku perkuliahan jurusannya itu lebih seabrek alias banyak banget dari sekolah kita sebelumnya. Nggak kaget juga kalau anak yang mau milih jurusan buat kuliah bingung dan galau. FYI, dalam suatu universitas terdapat beberapa fakultas dan dalam suatu fakultas membawahi beberapa jurusan dan dalam satu jurusan bisa membawahi beberapa prodi dalam satu prodi ada beberapa kelas. Kurang lebih gambarannya seperti itu ya guys. Jadi kalau ditanya jurusan apa, ya kamu jawab jurusan yang kamu ambil jangan salah nyebut fakultas atau prodi hehe. 

Yang kedua, kamu harus tahu kalau sistem pembelajaran di bangku perkuliahan sangat beda sekali sama sekolah kamu sebelumnya. Kalau di bangku perkuliahan kita kuliah sesuai dengan matakuliah yang kita ambil. Ibaratnya kalau dalam sekolah kita sebelumnya, pelajaran apa yang kita ambil. Jadi kita nggak masuk fullday, tergantung apakah ada jam pelajaran pada hari itu atau nggak. Dan untuk pengajar atau dosennya tergantung dari matakuliah masing-masing. Kalau dalam sekolah kita dulu ada yang namanya wali kelas, di bangku perkuliahan juga ada namanya wali kelas atau biasa disebut dengan dosen PA (Penanggungjawab Akademik). 

Yang membuat berbeda lagi nih guys, kita nggak punya kelas tetap alias kelasnya berpindah-pindah sesuai dengan jadwal yang udah ditentukan. Kalau untuk sistem pembelajarannya sendiri, biasanya ada yang satu jam, dua jam, bisa juga sampai delapan jam tergantung matakuliah masing-masing. Metode pembelajarannya hampir sama saja seperti kita sekolah sebelumnya, tetapi dalam bangku perkuliahan tidak terlalu diperhatikan alias kalian butuh nggak butuh ya itu urusan kalian dan mau kalian nyatat materi atau nggak juga terserah kalian karena itu jangan kaget kalau pengajarnya nggak secerewet waktu kita SMA. Memang kalau udah kuliah semuanya kita sendiri yang menentukan. 

Sebagian anak sekolah yang mau kuliah biasanya seneng banget, karena mereka ngerasa bebas. Udah nggak pakai seragam lagi, alias pakai baju bebas sesuka hati kita. Pakai sepatu warna-warni, yang cewek boleh dandan, boleh semir rambut. Walaupun nggak semua jurusan ngebolehin begitu, tapi aturannya udah beda banget. Perbedaannya pasti lebih terasa sekali, dan lagi yang harus kamu tahu dalam dunia perkuliahan pertemanan kalian akan lebih luas. Banyak teman kalian yang datang dari segala penjuru dan kamu harus bisa selektif dalam memilih teman. Bukan berarti terlalu pilih-pilih, sebaiknya lebih berhati-hati saja karena pengaruhnya akan lebih besar buat kamu. 

Bagi kamu yang rumahnya nggak berada di kota besar sudah pasti harus merantau kalau di daerah kamu nggak ada kampus favorit tujuan. Merantau juga salah satu hal yang memang sedikit memberatkan, karena harus berpisah dengan keluarga dan berjuang di kota orang untuk menuntut ilmu. Disitu kamu dituntut untuk bisa lebih mandiri dan harus banget bisa ngatur kondisi keuangan kamu. Intinya kamu nggak perlu kaget dengan perubahan yang ada. Selagi perubahan itu baik bagimu lakukan, kalau nggak ya tinggalkan. Jadi itu tadi beberapa hal yang membedakan sekolah kamu yang dulu dan bangku perkuliahan. Kamu udah bisa kan nentuin nantinya harus bersikap gimana? Oke sobat Mavis.