Kamu Bisa Tampil Keren Saat Presentasi dengan Jurus Ini

Kalau ngomongin presentasi, apa nih yang ada dibenak kamu guys?

Kamu Bisa Tampil Keren Saat Presentasi dengan Jurus Ini

Kalau ngomongin presentasi, apa nih yang ada dibenak kamu guys? Takut? Deg-degan? Grogi? Jadi kamu masih sering ngerasa gitu? Kamu harus tahu jurus yang bisa banget buat presentasi kamu jadi keren. Sebelum kita bahas lebih dalam, kamu harus pahami dulu taktik atau siasat apa yang bisa kamu terapkan agar waktu kamu presentasi di depan nggak blank atau grogi. 

Sebelum menyiapkan presentasi, pastikan kamu sudah mempunyai materi yang akan kamu presentasikan. Nah, setelah itu kamu harus mengumpulkan pokok-pokok materinya. Jangan dimasukkan ke dalam slide presentasi semuanya. Cukup poin-poinnya saja, dan usahakan jenis font atau tulisan mudah dibaca dan ukurannya proporsional. Untuk background kamu bisa mencari template atau membuat sendiri asalkan tidak terlalu ramai dan warnanya tidak terlalu mencolok. Gunakan animasi sewajarnya saja, jangan berlebihan karena tulisanmu tidak akan terbaca dan orang akan lebih fokus ke animasimu.

Untuk performa presentasi, yang paling utama kamu harus percaya diri. Nah, gimana supaya kita bisa percaya diri? Sebelum presentasi berlatihlah di rumah secara terus menerus, mintalah orang lain untuk melihat kamu presentasi agar kamu terbiasa ngomong di depan orang. Jangan lupa untuk belajar materi yang akan kamu presentasikan, jadi ketika kamu presentasi kamu tidak membaca slide melulu. Presentasi dengan membaca slide dan kurang interaksi dengan audience terlihat sangat membosankan dan kurang menarik. Kuasailah tempat atau panggung tempat kamu akan presentasi. Jika kamu punya demam panggung, sebaiknya atur pernapasan sebelum kamu tampil. Olahraga ringan juga bisa membantu kamu jadi rileks dan tidak tegang. Jangan terlalu takut untuk presentasi, cobalah untuk santai agar materi yang sudah kamu pelajari tidak blank atau hilang begitu saja saat presentasi. 

Selain performa, persiapan lain yang perlu kamu perhatikan adalah datang tepat waktu. Sebelum para audience datang, kamu harus sudah datang terlebih dahulu untuk melihat situasi dan kondisi tempat kamu akan presentasi. Dengan mengetahui lokasi dan situasi kamu akan presentasi maka akan mengurangi rasa ketakutanmu. Perhatikan juga sikap kamu ketika presentasi, kamu harus bisa memposisikan dirimu jika kamu menjadi pemateri. Kamu harus bisa menguasai audience

Yang tidak kalah penting dalam presentasi. Kalau namanya presentasi pasti ada dong yang namanya sesi tanya jawab? Pasti ada, karena nggak mungkin semua orang langsung paham sama apa yang kamu presentasikan. Sesi tanya jawab ini adalah kesempatan kamu buat menjelaskan apa yang mereka tanyakan secara detail. Kalau pertanyaan yang audience tanyakan menyimpang atau nggak masuk dalam materi, ya kamu jelaskan kalau hal tersebut terlalu menyimpang dari materi presentasimu. Jangan sampai ketika ada audience yang bertanya, kamu juga nggak ngerti atau nggak paham apa yang dia tanyakan ya guys. Untuk menangani hal tersebut sebaiknya siapkan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul dan ditanyakan oleh audience, tentunya sama jawabannya dong. Kalau kamu belum begitu paham dengan materi presentasimu, sebaiknya carilah referensi dan bertanya ke orang yang lebih paham. 

Tampilan slide presentasi sudah oke, materi juga menguasai, pertanyaan-pertanyaan dari audience kamu kupas tuntas, sikap kamu sopan, kurang keren gimana guys? Kurang keren kalau kamu masih nggak berani maju buat presentasi. Hahahaha.. Oh iya guys, hampir lupa ada lagi nih tipsnya. Kalau kalian presentasi tatap aja itu audience-nya ya, jangan natap laptop atau proyektor melulu. Karena yang kamu ajak bicara itu audience, kamu menjelaskan materi ke audience, jadi harus banget dong ajak interaksi audience. Itu tadi beberapa tips dari mimin guys, semoga bisa bermanfaat buat kamu terutama yang mau maju buat presentasi. Semoga sukses presentasinya. See you on next article