Fungsi Musik Bagi Tubuh

Fungsi merupakan suatu hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Musik merupakan teman kita saat berkereatifitas, dimana dengan musik dapat memberikan kenyamanan

Fungsi Musik Bagi Tubuh

   Fungsi merupakan suatu hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Musik merupakan teman kita saat berkereatifitas, dimana dengan musik dapat memberikan kenyamanan serta mampu manambah samangat kita dalam melakukan berbagai hal aktifitas sehari-hari. 

      Setiap orang memiliki kesenangan tersendiri terhadap seni musik yang menjadi pilihan  mereka, musik juga memiliki fungsi untuk tubuh loh, mau tau apa fungsinya? berikut adalah fungsi musik dalam kehidupan sehari-hari.

 

  1. Memperjelas Ingatan

        Mendengarkan musik ternyata bisa memperjelas memori. Dilansir dari University Health News, saraf-saraf otak menjadi lebih aktif saat kamu mendengarkan musik. Sinyal listrik tersebut secara bersamaan dapa merangsang hubungan antara kedua sisi otak, yakni otak kanan dan kiri serta mengaktifkan area otak yang terkait dengan proses emosional, kongnitif, dan memori.

 

  1. Baik Untuk Kesehatan

       Mengurangi tekanan darah merupakan salah satu fungsi musik. Dengan mendengarkan musik yang lembut setiap pagi dan malam, orang-orang dengan tekanan darah tinggi bisa mengontrol dirinya untuk menurunkan tekanan darahnya. Menurut penelitian yang disebutkan dalam acara pertemuan American Society of Hypertension di New Orleans, mendengarkan musik klasik selama 30 menit dan musik Celtic setiap hari bisa mengurangi tekanan darah tinggi secara signifikan.

  1. Menambah Semangat Diri

       Selain mendengar suara merdu musisi favoritmu, tanpa disadari mendengarkan musik ternyarta bisa membantu meningatkan enegi secara instan loh. Untuk mendapatkan fungsi musik ini genre musi yang cocok didengarkan adalah pop atau techno. Dentuman bass yang menonjol bisa memuat dri lebi berenergi. Musik jenis ini bakal membuatmu lebih bertenaga.

 

  1. Meningkatkan Konsentrasi

      Fungsi musik selanjutnya adalah sebagai saran untuk meningkatkan konsentrasi. Para peneliti menjelaskan bahwa setiap jenis musik tertentu bisa meningkatkan emosi positif yang bisa menstimulasi otak untuk meningkatkan konsentrasi. Dalam sebuah studi yang dilakukan Susan Hallam, profesor pendidikan dan psikologi musik dari Universitas London, terungkap anak-anak yang rutin mendengar musik klasik mengalami peningkatan konsentrasi dan kemampuan mendengar.

 

  1. Fungsi Untuk Meningkatkan IQ Saat Proses Belajar

      Sebuah jurnal dari Nature yang berjudul "Musical and Spatial Task Performance" menjelaskan bahwa fungsi musik Mozart bisa membuat kecerdasan meningkat. Menurut hasil penelitian dari tiga peneliti yang bereksperimen dari University of California, Amerika Serikat juga menunjukkan hasil yang positif.