Foto Majalah Keren Memakai Smartphone

Majalah nggak lengkap tanpa adanya foto, gambar ataupun ilustrasi yang dapat dilihat pembacanya.

Foto Majalah Keren Memakai Smartphone

Majalah nggak lengkap tanpa adanya foto, gambar ataupun ilustrasi yang dapat dilihat pembacanya. Menarik atau tidaknya majalah juga dipengaruhi oleh elemen visual. Tentunya pembaca pasti akan jenuh jika didalam majalah hanya ada teks saja. Khususnya majalah yang didalamnya ada berbagai macam rubrik dan tema. Kualitas foto ataupun gambar juga harus diperhatikan ya guys. Hal yang perlu dicek adalah resolusi foto, angle pengambilan foto, kesesuaian foto dengan rubrik dan lain sebagainya. Foto dengan kualitas bagus dan hasil yang keren nggak harus memakai kamera DSLR. Hanya dengan smartphone milikmu, kamu sudah bisa mengambil foto dengan kualitas yang nggak kalah jauh dengan kamera DSLR. Mirip-mirip gitulah guys, yang penting bisa menghasilkan foto dengan kualitas bagus dan keren.

Beberapa dari kita nggak benar-benar memaksimalkan potensi dari kamera smartphone. Terlebih lagi, biasanya hanya tahu kemampuan sesungguhnya dari kamera smartphone sebatas dari berapa megapixel, fitur auto focus, dan LED flash. Padahal, dengan menyempatkan waktu dua menit untuk memberikan pengaturan tertentu kamu dapat mengambil foto layaknya hasil jepretan seorang profesional hanya lewat kamera smartphone.

Cobalah cara Mavis berikut ini untuk memulainya.

 

1. Pelajari seluruh fitur kamera smartphone kamu

Jangan pernah mengandalkan pengaturan default untuk menangkap foto yang istimewa. Meskipun dengan menekan satu titik pada layar dapat membuat kamera lebih fokus, namun kamu dapat mengutak-atik pengaturan dan fitur lainnya yang mungkin tidak kamu ketahui sebelumnya. Memang tidak semua kamera smartphone memiliki beragam pengaturan dan fitur, namun apabila kamu dapat mengatur white balance, fokus, exposure, dan ISO cobalah untuk bereksperimen sekreatif mungkin. Jangan lupa juga untuk mengatur kualitas dan resolusi gambar di titik maksimal.

2. Gunakan selalu kamera belakang

Biasanya, kamera belakang pada smartphone memiliki kualitas yang jauh lebih baik ketimbang kamera depan. Buktinya juga jelas, kamera belakang memiliki ukuran megapixel atau resolusi yang lebih besar daripada kamera depan.

Untuk beberapa smartphone high-end, tidak jarang teknologi canggih disematkan pada kamera belakang. Hasilnya pun tidak kalah dengan kamera DSLR yang digunakan oleh para profesional.

3. Bersihkan dan gunakan variasi lensa

Smartphone yang sering diletakkan di dalam tas atau saku biasanya membawa banyak debu. Tidak sedikit debu tersebut yang juga menempel pada lensa kamera, atau bahkan jari kamu yang tidak sengaja menyentuh lensa sehingga meninggalkan bekas. Meskipun terdengar sepele, namun membersihkan lensa kamera dapat memberikan hasil yang mengejutkan. Tidak hanya itu, kamu juga dapat mencoba variasi lensa untuk kamera smartphone kamu. Misalnya lensa fish eye untuk mengambil foto cembung, lensa wide untuk mencakup bidang yang luas, hingga lensa macro untuk mengambil foto objek kecil dari jarak dekat.

4. Pencahayaan adalah kuncinya

Coba kamu bandingkan mengambil foto selfie atau sebuah objek di dalam ruangan dengan pencahayaan lampu, dengan di luar ruangan dengan pencahayaan matahari. Pasti hasilnya akan jauh lebih memuaskan di bawah pencahayaan matahari. Untuk hasil terbaik, usahakan menggunakan pencahayaan alami atau matahari. Apabila kamu berada di dalam ruangan, pergilah ke dekat jendela atau pintu. Namun kamu harus perhatikan dari mana cahaya itu datang. Jangan sampai kamu mengambil foto yang berhadapan langsung dengan matahari, kecuali memang ingin mengambil foto siluet. Satu hal yang harus diingat, jangan menggunakan flash apabila pencahayaannya kurang. Lebih baik, aturlah exposure dan ISO pada kamera smartphone kamu. Biasanya, flash sebuah smartphone cenderung “blak-blakan” dan sama sekali tidak membantu.

5. Kreasikan cara pengambilan gambar dan objek foto

Apabila kamu terlalu sering mengambil foto dari depan objek, cobalah untuk melakukan hal-hal baru. Misalnya, mengambil foto objek tersebut dari jarak dekat layaknya melakukan fotografi macro, atau mengubah sudut pengambilan foto (angle). Variasikan juga objek yang kamu ambil. Misalnya pantulan objek di genangan air, benda-benda unik yang diambil dari jarak dekat, bahkan mengkombinasikan sebuah objek alam dengan objek buatan manusia. Memang memerlukan sedikit upaya ekstra, namun foto yang dihasilkan tidaklah mengecewakan!

Nah, itu tadi trik memakai kamera smartphone untuk pengambilan foto. Kamu bisa aplikasikan trik diatas untuk foto majalah atau kebutuhan lainnya lho. Jadi untuk apa bingung pinjam kamera DSLR untuk jepret momen aktivitasmu kalau smartphone saja juga bisa. Nah, Mavis Publishing juga memberikan workshop tentang fotografi lho. Jika diperlukan Mavis bakal ngasih kamu teori sekaligus praktik cara motret memakai kamera smartphone. Mavis memiliki berbagai macam tips & trik bikin majalah kamu jadi keren dan up to date dari elemen-elemen yang ada didalamnya. Majalah sekolah, instansi, atau lainnya pesannya di Mavis aja, karena ada banyak kelebihan-kelebihan yang kami tawarkan agar majalah kamu bagus dan keren.