Dibilang Kuper Bikin Kamu Nggak PD di Kampus? Hilangkan Kupermu dengan Cara Ini

Apa yang dimaksud dengan kuper? Sobat Mavis udah pada tahu belum kalau kuper itu singkatan dari kurang pergaulan.

Dibilang Kuper Bikin Kamu Nggak PD di Kampus? Hilangkan Kupermu dengan Cara Ini

Apa yang dimaksud dengan kuper? Sobat Mavis udah pada tahu belum kalau kuper itu singkatan dari kurang pergaulan. Kuper biasanya disandang oleh mereka yang kurang mau untuk bergaul, malu untuk bergaul, dan juga mereka yang tidak mau untuk berbaur dengan temannya. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan mereka nggak mau bergaul sama temannya. Bisa jadi nih karena mereka memang menutup diri, malu untuk bergaul, atau memang acuh tak acuh. Tergantung diri mereka masing-masing. Tetapi yang namanya kuper itu kurang baik, karena yang namanya manusia dikodratkan saling membutuhkan satu sama lain atau biasa disebut sebagai makhluk sosial. 

Nah, sobat Mavis kalau kalian dibilang kuper malu nggak nih? Atau malah sering dibilang kuper sama teman kamu? Hehehe. Tenang ya guys, jangan bersedih hati lagi dan jangan khawatir lagi. Karena mimin punya solusinya untuk kalian semua. Caranya gimana sih? Nah, mimin kasih tips biar nggak dibilang kuper lagi di kampus. Jangan lupa diterapin dan praktikin ya biar gelar kuper kamu segera menjauh. Yuk langsung kepoin. 

  1. Mulailah untuk memperhatikan atau peduli dengan lingkungan sekitar

Mencoba menjadi seseorang yang peduli. Mungkin memang bukan hal yang biasa bagi kamu yang pemalu. Tapi nggak ada salahnya buat mencoba hal yang nggak biasa kamu lakukan selagi itu baik. Untuk langkah awal mulailah dengan memperdulikan hal yang ada disekitar kamu. Membantu teman kamu yang lagi membutuhkan bantuan, ikut gotong royong di lingkungan, ikut kegiatan yang diselenggarakan di lingkungan.   

  1. Cobalah untuk mengikuti organisasi kampus

Mengikuti organisasi kampus memang menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi kamu yang memang sudah terbiasa untuk mengikuti organisasi. Tetapi bagaimana dengan kamu yang mendapat gelar kuper? Mengikuti organisasi akan menjadi tantangan sendiri bagi kamu. Tahukah kamu kalau ternyata dengan mengikuti organisasi kamu bisa mendapatkan banyak teman, relasi, pengalaman dan ilmu baru. Sehingga ini bisa banget dijadikan obat bagi kamu si penyandang kuper. 

  1. Menghormati dan menghargai orang lain

Walaupun kuper sudah seharusnya kamu bisa menghormati dan menghargai orang lain. Nggak cuma sama orang yang lebih tua aja, tapi sama semua orang. Kalau kamu bisa menerapkan poin ini, maka orang lain juga akan lebih menghormati dan menghargai kamu juga. Sehingga kamu nggak dikatain kuper lagi karena banyak orang yang peduli sama kamu.

  1. Tingkatkan prestasi

Kenapa harus meningkatkan prestasi? Sebagai seorang mahasiswa, meningkatkan prestasi untuk diri sendiri adalah suatu kewajiban. Karena dengan prestasi kita yang baik, maka rasa percaya diri kita secara otomatis juga akan meningkat. Dan kamu akan lebih dikenali dosen dan teman mahasiswa yang lain karena prestasimu. Yang perlu diingat, rasa percaya diri dalam hal ini nggak boleh berlebihan. Supaya kamu nggak dicap sebagai seorang yang sombong. 

  1. Cobalah untuk mengakrabkan diri dengan teman-teman

Mencoba hal yang sebelumnya nggak pernah kamu lakukan, mungkin sedikit menakutkan. Tapi kalau kamu nggak nyoba, kamu juga nggak bakal tahu dan ngerti. Tips satu ini memang harus kamu coba dan terapkan. Mengakrabkan diri dengan teman-teman kamu, harus ngerti apa yang sedang mereka bicarakan. Kalau kamu sudah tahu apa yang mereka bicarakan maka cobalah untuk masuk dalam obrolan mereka dan mengakrabkan diri. Nggak perlu takut nggak dianggap, kalau kamu paham apa yang dibicarakan pasti pembahasannya akan nyambung sama kamu.