Cara Ampuh Buat Ngilangin Grogi Saat Presentasi

Halo guys, apa kabar? Semoga selalu baik ya. Grogi? Apa sih grogi itu?

Cara Ampuh Buat Ngilangin Grogi Saat Presentasi

Halo guys, apa kabar? Semoga selalu baik ya. Grogi? Apa sih grogi itu? Udah pada tahu belum guys? Atau kamu sudah sering banget ngerasain yang namanya grogi? Jadi apa nih grogi itu? Jadi grogi itu adalah suatu perasaan deg-degan, takut, dan canggung. Sebenarnya perasaan grogi itu wajar-wajar saja, semua orang pasti pernah merasakan. Tapi kalau berlebihan bisa mengganggu banget guys. Contohnya saja waktu kamu mau presentasi, kamu grogi terus-menerus. Eh jadinya malah blank sama materi yang mau kamu presentasikan, padahal kamu udah belajar sebelumnya. Memang biasanya kalau grogi berlebihan pikiran kamu jadi nggak fokus, blank sama materi, tangan dingin banget, bahkan ada juga yang sampai sembelit saking groginya. Bener nggak nih? 

Percaya nggak nih kalau grogi saat presentasi itu bisa lho dikurangin bahkan dihilangin. Udah percaya aja deh guys, hehehe. Sebenarnya grogi itu macam-macam penyebabnya, karena kita bahas presentasi mimin coba cari penyebab apa yang bikin kamu grogi saat presentasi. Nah, yang pertama menurut mimin orang yang grogi saat presentasi itu disebabkan karena dia nggak nguasain materi. Udah jelas sih, kalau nggak paham materi ya pasti takut kan? Takut ditanya yang dia nggak paham materinya, bingung jawabnya. 

Kedua, karena kamu nggak percaya diri. Seseorang yang nggak percaya diri nih guys, biasanya suka canggung dan nggak nyaman. Karena ada sesuatu yang membuat dirinya nggak yakin, meragukan kemampuan diri sendiri, terlalu banyak berpikir sehingga jadilah rasa nggak percaya sama dirinya sendiri alias nggak PD. Hal kaya gini ini harus dihilangkan ya guys, nggak baik. 

Nah, hambatan-hambatan yang mimin sebutin tadi harus dihilangkan ya guys. Jangan dipelihara terus. Lalu gimana nih guys supaya waktu presentasi kita nggak grogi? Oke mimin mau kasih beberapa tips buat kalian yang emang suka demam panggung atau grogi berlebihan saat presentasi:

  1. Buatlah persiapan yang matang

Maksudnya gimana nih? Udah jelas dong, kalau mau presentasi harus dipersiapkan semua kebutuhannya secara detail. Mulai dari slide presentasinya, materinya, penampilanmu nanti, sikap kamu, dan lain sebagainya. Apa sih kaitannya sama grogi? Ada dong, kalau kamu menyiapkan segala sesuatunya dengan baik dan matang maka kemungkinan kamu akan mengalami grogi akan menurun. Karena nggak ada yang perlu dikhawatirkan lagi.

  1. Fokus sama tujuan

Kamu mau presentasi atau mau ke mall? Kamu harus lebih fokus sama tujuan ya. Kamu presentasi untuk apa? Untuk tugas akhir atau untuk sekedar sharing? Atau yang lainnya? Dengan fokus sama tujuanmu, presentasi nggak akan berceceran kemana-mana. Jangan memikirkan hal lain diluar presentasi, nanti malah kepikiran dan bikin kamu blank nggak fokus.

  1. Selalu berpikir positif

Memang susah-susah gampang ya kalau diminta untuk selalu berpikir positif. Kalau mau presentasi, gaya anak zaman sekarang ini banyak mikirin hal aneh-aneh. Contohnya takut nggak bisa, takut ditanya macam-macam, takut gagal dan sebagainya. Belum juga presentasi, pikirannya udah negatif semua. Segera hapus semua pikiran negatifmu guys, karena bisa membuat kamu jadi nggak fokus ke tujuan awal. Kamu harus selalu berpikir bahwa kamu bisa melakukannya, kamu yakin dengan kemampuanmu, nggak ada yang nggak mungkin kalau belum dicoba. Nah, dengan begitu biasanya perasaan gugup akan sedikit berkurang. 

  1. Perbanyak latihan

Kalau kamu sering latihan, pasti kamu akan terbiasa. Pasti kalian sering dengar kata-kata seperti itu kan? Ya memang benar guys, kalau kita sering berlatih untuk presentasi lama-lama kita akan terbiasa dan perasaan grogi-pun juga akan hilang dengan sendirinya. 

  1. Atur pernapasan

Biasanya, orang yang sedang grogi itu nafasnya nggak stabil dan seperti terengah-engah. Nggak lucu kan kalau kamu presentasi, tapi suara kamu nggak enak didengerin. Karena grogi malah ngerusak suasana presentasi kamu. Sebaiknya, buat kamu yang suka demam panggung aturlah pernapasan kamu sebelum presentasi dimulai. Tarik nafas yang dalam lalu keluarkan melalui mulut, lakukan beberapa kali sampai jantung kamu mulai tenang.  

  1. Perbaiki sikap tubuh

Selama presentasi nggak mungkin kan kalau kita nggak jaga sikap? Terutama sikap tubuh guys. Coba deh bayangin, kalau kamu presentasi dengan sikap tubuh yang terlalu ekspresif dan bergerak-gerak terus. Apakah audience akan memperhatikan apa yang kamu presentasikan? Atau malah memperhatikan sikapmu yang mencoba menyembunyikan rasa grogi itu? Sudah pasti audience akan memperhatikan sikapmu. Jadi sebisa mungkin, perbaiki sikap tubuhmu ketika presentasi dan fokus pada tujuan awal.

  1. Menggerakkan tangan

Bagi sebagian orang, dengan menggerakkan tangan bisa mengurangi rasa grogi. Tapi ingat tetap jaga sikap ketika presentasi ya guys. Gerakan tangan sederhana memang sedikit banyak bisa menyamarkan rasa grogi kamu. Asalkan nggak yang berlebihan, karena akan mengganggu penampilanmu saat presentasi.

  1. Berdoa

Jurus yang bisa bikin hatimu tenang, yaitu berdoa. Berdoa sama Tuhan agar diberi kemudahan saat kamu presentasi. Memang biasanya efeknya tidak langsung bisa dirasakan, tetapi setidaknya perasaan kita bisa lebih tenang dan rileks. Sehingga kita bisa presentasi dengan lancar dan sukses. 

Gimana tips-tipsnya? Semoga bisa membantu kalian yang masih suka grogi saat presentasi ya guys. Jangan lupa diterapkan kalau kalian benar-benar kepingin ngilangin rasa grogi. Semoga artikelnya bermanfaat, see you on the next article