Yuk Kenali Pilihan Kertas untuk Majalah Lebih Berkualitas

Kertas sendiri telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia tidak hanya untuk kebutuhan belajar mengajar.

Yuk Kenali Pilihan Kertas untuk Majalah Lebih Berkualitas

Kertas sendiri telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia tidak hanya untuk kebutuhan belajar mengajar. Kertas sendiri sering kita gunakan seperti pada waktu belanja, parkir kendaran, bayar tagihan, atm dan masuk jalan tol. Semua kita terima dalam bentuk struk kertas, bukan hanya itu kertas digunakan juga untuk membungkus makanan kita. Kertas sejak awal diciptakan untuk mendokumentasikan karya baik tulisan ataupun dalam bentuk gambar. Karena itu pemilihan kertas harus benar-benar diperhatikan sesuai dengan kebutuhan.

Kertas adalah bahan tipis yang dihasilkan dari proses pengepresan serat kayu yang berasal dari pulp. Kertas pertama kali dikembangkan oleh bangsa Cina. Dengan penemuan kertas ini, telah merubah kebiasaan orang-orang dalam mendokumentasikan tulisannya yang telah terbiasa menulis lewat media kain, batu, tulang, serta daun. Di Indonesia sendiri dahulu biasa mendokumentasikan lewat daun lontar. Kertas tak hanya dijadikan media tulis saja, seperti kertas tisu yang fungsinya untuk membersihkan dan juga kertas bisa dijadikan objek seni seperti origami.

Pernah tidak mengalami ketika sudah mendesain dan siap cetak, bingung memilih jenis kertas yang cocok untuk desain kita? Jika sudah seperti itu kita harus memahami jenis-jenis kertas yang terdapat pada percetakan. Kertas yang digunakan untuk cetak majalah, brosur, undangan dan lain sebagainya pastilah berbeda-beda. Khususnya untuk mencetak majalah benar-benar harus tahu kertas mana yang cocok dan sesuai. Kertas yang digunakan untuk cover majalah dan isi majalah itu berbeda karena cover bisa lebih tebal dari isi. Pada artikel kali ini Mavis akan menjelaskan jenis-jenis kertas yang sering digunakan untuk cetak majalah.

1. Art Paper

Jenis kertas ini mempunyai permukaan yang halus, putih, licin, serta mengkilap. Kertas ini sering digunakan untuk brosur, poster, bagian isi majalah, bagian isi company profile, dan bagian isi buku yang membutuhkan gambar lebih detail. Gramaturnya mulai dari 85gr, 100gr, 115gr, 120gr dan 150gr. Kertas ini memang terkesan lebih lux apalagi ditambah laminasi glossy ataupun dov.

2. Art Carton

Kertas ini bertekstur halus, putih, licin, mengkilap, dan tebal. Ketebalan kertas ini mulai 190 gsm, 210 gsm, 230 gsm, 260 gsm, dan 310 gsm. Kertas ini biasa digunakan untuk kartu nama, cover buku, cover majalah, company profile, poster, sertifikat, box produk, undangan dan masih banyak lainnya. Untuk kartu nama dan cover buku sendiri sangat cocok menggunakan ketebalan kertas 260 gsm.

3. HVS

Kertas ini bertekstur halus, putih, serta tipis dengan ketebalan mulai 60 gsm, 70 gsm, 80 gsm dan 100 gsm. Kertas ini termasuk kertas yang umum digunakan perkantoran dan sekolah sebagai laporan kerja, tugas sekolah, majalah, serta digunakan juga untuk media kertas untuk buku.

Itulah 3 jenis kertas yang biasa digunakan untuk cetak majalah. Buat kamu yang akan cetak majalah nggak perlu bingung lagi ya. Jangan sampai salah pilih kertas juga karena kertas sangat berpengaruh pada hasil akhirnya nanti. Kertas dengan ketebalan tertentu akan cocok dipakai untuk cover daripada isi majalah. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang ingin cetak majalah ya. Terima Kasih.