Usir Kantuk di Tempat Kerja dengan Tips Berikut

Mengantuk adalah suatu hal yang wajar dan lumrah. Tetapi bagaimana jadinya jika kita mengantuk di tempat kerja?

Usir Kantuk di Tempat Kerja dengan Tips Berikut

Mengantuk adalah suatu hal yang wajar dan lumrah. Tetapi bagaimana jadinya jika kita mengantuk di tempat kerja? Padahal kerjaan masih menumpuk dan harus segera diselesaikan, tetapi mata kita tidak bisa diajak kompromi. Belum lagi jika kemarin malam kita lembur sampai larut dan jam tidur kita jadi berantakan, sudah pasti paginya kita akan mengantuk. Ketika kita ngantuk, sudah pasti kerjaan kita nggak bisa fokus sepenuhnya. Pekerjaan jadi terbengkalai, kalau ketahuan atasan sudah pasti kita kena marah. Nah, bagaimana nih cara mengatasi kantuk di tempat kerja? Mimin mau berbagi tipsnya buat kalian semua guys. Yuk kita simak bareng-bareng.

 

  1. Ubah posisi duduk

Usahakan untuk duduk tegak, jangan merosot dan bersandar. Karena dengan duduk tegak maka kita akan merasa lebih bersemangat dan energik dalam mengerjakan tugas.  

  1. Kopi

Kafein dalam sebuah kopi mungkin bisa membantu untuk mengurangi rasa kantukmu. Tetapi harus dengan dosis yang wajar. Daripada minum minuman berenergi yang efeknya lebih berbahaya nantinya, lebih baik minum kopi saja.

  1. Mendengarkan musik

Dengan mendengarkan musik, maka bagian otak tertentu akan aktif. Sehingga dapat meningkatkan konsentrasi kita. Dan rasa kantukmu akan hilang, ingat jangan malah mendengarkan musik pengantar tidur ya. Nanti nggak jadi kerja malah tertidur dengan lelap di meja kerja.

  1. Membasuh muka

Membasuh muka membuat kita terlihat lebih fresh kembali, wajah segar dan pastinya semangat pasti akan kembali. Bisa kamu coba ketika kantukmu mulai datang, segera cuci mukamu.

  1. Jalan-jalan sekitar kantor

Jurus lain yang mungkin bisa membantu kamu buat ngusir kantuk yaitu cobalah jalan-jalan santai di sekitar kantor. Nggak perlu jauh-jauh, cukup berjalan di sekitar ruangan tempat kamu bekerja dan sapa temanmu untuk mengusir rasa kantuk.

  1. Kurangi asupan gula

Makanan atau minuman yang memiliki kandungan gula banyak dapat membuat kita menjadi lebih ngantuk. Untuk itu hindarilah makanan dan minuman yang mengandung banyak gula.

  1. Ngobrol dengan rekan kerja

Bukan gosip atau ghibah ya guys. Ya cuma sekedar ngobrol biasa satu atau dua kalimat supaya kita punya energi baru untuk mengusir rasa kantuk. Siapa tahu teman kamu bisa kasih solusi atau bantu kamu ngilangin rasa kantuk.

  1. Gunakan waktu istirahat untuk tidur sebentar

Kalau sudah benar-benar nggak kuat buat nahan kantuk. Lebih baik kamu gunakan waktu istirahat untuk tidur walaupun cuma 15 menit aja. Dengan begitu hutang tidurmu udah berkurang.

  1. Olahraga ringan

Olahraga ringan nggak sampai harus ngeluarin keringat yang banyak. Cukup gerakan tangan, kaki, atau kepala. Sehingga tubuh akan bergerak dan nggak diam aja. Karena kalau diam itu malah bikin ngantuk lho.