Jerawat Oh Jerawat Tolong Pergi Jauh

Siapa sih yang nggak risih sama yang namanya jerawat? Noda kecil yang bikin wajah kamu nggak mulus.

Jerawat Oh Jerawat Tolong Pergi Jauh

Siapa sih yang nggak risih sama yang namanya jerawat? Noda kecil yang bikin wajah kamu nggak mulus. Jerawat selalu dijadikan problem yang cukup serius baik wanita maupun pria karena dapat mengganggu rasa percaya diri. Tapi kalian tahu nggak sih, kalau jerawat itu muncul bukan tanpa alasan. Jerawat bisa muncul karena ada pemicunya, nah kalian harus tahu nih faktor apa aja yang bisa bikin jerawat muncul.

Jadi faktor pertama yang bisa mengundang jerawat datang adalah adanya perubahan hormon pada diri kita. Kalau untuk wanita nih, biasanya setiap mau datang bulan ada aja jerawat yang muncul. Iya nggak nih? Nah, itu disebabkan karena adanya perubahan hormon ya guys. Jangan salahkan kacang, katanya kalau makan kacang bikin timbul jerawat eh nggak juga kok haha.

Faktor kedua yang harus kamu tahu adalah karena kamu lagi ngalamin yang namanya masa pubertas alias masa dimana kamu akan mengalami perubahan fisik, psikis, dan pematangan fungsi seksual. Kalau muncul jerawat ya jangan kaget karena memang ada pematangan fungsi seksual yang juga mempengaruhi hormon kamu.

Perawatan kulit yang salah juga menjadi salah satu penyebab jerawat muncul. Kalau perawatan kulit wajah kita salah, udah pasti kan wajah kita muncul penolakan atau efek samping yang ditimbulkan seperti jerawat ini. Kalau urusan perawatan kulit terutama wajah, kita harus kenali dulu jenis kulit wajah kita. Karena kalau salah dan nggak cocok ya jadinya tanpa diundang si jerawat akan datang.

Penyebab lain yang bisa memicu munculnya jerawat adalah stress. Mungkin kalian bertanya-tanya kenapa stress bisa memicu munculnya jerawat? Karena ketika stress, hormon yang ada di dalam tubuh kita tidak stabil. Sehingga jerawat dengan mudah datang begitu saja. Menurut pengalaman mimin karena mimin pernah ngalamin jerawatan model beginian, ketika jerawat ini muncul rasanya sangat gatal dan panas. Dan kalau jenis jerawat stress ini biasanya hilang dengan sendiri ketika kita udah nggak stress lagi.

Paparan debu dan polusi yang menempel pada wajah kita dan nggak dibersihkan maka secara nggak langsung kita udah menanam benih-benih jerawat. Bahkan mungkin nggak cuma jerawat aja, dia bisa manggil kawan lainnya seperti komedo bahkan noda hitam. Wajah kita perlu bernafas, jadi setelah kita melakukan aktifitas yang padat seharian sebaiknya bersihkan wajah kita sebelum tidur. Agar noda yang menempel pada wajah kita nggak menumpuk dan menyumbat pori-pori wajah.

Nah, itu tadi beberapa faktor yang bisa banget ngundang jerawat buat datang. Buat kamu yang punya masalah dengan jerawat, kamu bisa mengambil solusi menghilangkan jerawat dengan beberapa cara yang alami dan tentunya tanpa efek samping yang serius. Berikut cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami.

  1. Tomat

Tomat merupakan buah yang mengandung vit. C dan A. Kandungan vitamin C dan A dalam buah tomat ini dapat menghilangkan jerawat secara alami. Nah, bagaimana caranya? Caranya yaitu ambil buang tomat kemudian potong menjadi 2 bagian. Oleskan satu bagian tomat tadi pada wajah secara merata lalu diamkan selama kurang lebih 20-30 menit. Setelah selesai bilaslah wajah dengan air bersih.

  1. Madu

Kalau madu ini udah pasti punya banyak banget manfaat dan salah satunya bisa buat ngilangin jerawat. Kandungan yang terdapat dalam madu udah nggak diragukan lagi. Caranya pakailah madu untuk masker jerawat setiap hari seperti masker-masker pada umumnya.

  1. Lidah Buaya

Kandungan polifenol yang terdapat dalam lidah buaya mampu membasmi jerawat secara menyeluruh jika digunakan secara teratur. Cara menggunakannya ambil bagian gel yang ada pada lidah buaya, kemudian oleskan pada wajah seperti masker. Diamkan dan tunggu sampai 20-30 menit, kemudian bilaslah dengan air bersih.

  1. Putih Telur

Ternyata dalam putih telur mengandung enzim lysonzim yang mampu digunakan sebagai bahan penghilang jerawat secara ampuh. Kalian bisa memisahkan putih telur dari kuningnya, kemudian tambahkan air perasan lemon dan oleskan secara merata pada wajah. Diamkan selama kurang lebih 15-20 menit, lalu bilas menggunakan air bersih.

  1. Mentimun

Selain membuat wajah tampak lebih cerah dan segar, ternyata mentimun dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat. Karena kandungan antioksidan, vitamin, dan asam amino di dalamnya mentimun menjadi kaya manfaat. Gunakan mentimun sebagai masker rutin untuk kulit berjerawat, dengan mengirisnya tipis-tipis lalu tempelkan pada wajah. Atau bisa juga parut mentimun dan gunakan sebagai masker wajah. Bilas menggunakan air bersih.

  1. Air Lemon

Asam askorbat dalam air lemon memang sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat. Buat kamu yang ingin mencoba caranya gampang banget. Yaitu cukup peras 1 buah lemon, lalu oleskan airnya pada wajah yang berjerawat. Tunggu sampai 10-15 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih.

  1. Bawang Putih

Zat sulfur yang terkandung dalam bawang putih mampu menghilangkan jerawat dengan cepat. Padahal bawang putih biasanya digunakan untuk bumbu dapur, ternyata menyimpan banyak manfaat yang jarang kita ketahui. Untuk menggunakannya ambil 1 siung bawang putih, kemudian potong tipis menjadi beberapa bagian. Setelah itu, tempelkan pada jerawat atau bekas jerawat dan tunggu sampai 15 menit kemudian bersihkan dengan air bersih.

 

Selamat mencoba ya guys, semoga berhasil. Lakukan dengan rutin ya guys, karena yang namanya bahan alami pasti membutuhkan waktu yang cukup lama alias nggak bisa instan sekaligus. Jangan sampai malas untuk membersihkan wajah ya, biar jerawat nggak mau bertamu lagi di wajah. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.